Profil Lulusan S1

Profil Lulusan

PSTS mempersiapkan lulusan yang mampu mengembangkan diri, responsif dan inovatif dalam memberi pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat, pemerintah, dunia usaha dan dunia industri, serta mempunyai kemampuan ilmiah di bidang ketekniksipilan secara berkelanjutan. Lulusan PSTS USK diharapkan dapat berkiprah sebagai seorang akademisi, praktisi, dan birokrat yang mempunyai kompetensi dan memiliki daya saing tinggi, INovatif, AManah, dan ISlami (DINAMIS) dalam bidang Teknik Sipil. Lulusan yang dihasilkan juga berwawasan lingkungan berkelanjutan dan berbasis kebencanaan dalam melaksanakan perannya sebagai seorang akademisi, praktisi, dan birokrat.

Profil Profesional Mandiri

Penetapan PPM menjadi cerminan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh seorang lulusan PSTS, dan mampu menerapkan ilmu yang telah diperolehnya untuk:

  1. Merancang, merencanakan, membangun, mengoperasikan, dan memelihara infrastruktur ketekniksipilan dengan  mempertimbangkan perkembangan ilmu dan teknologi, aspek keselamatan, kesehatan kerja, mitigasi bencana, dan berwawasan lingkungan.
  2. Menjadi integrator dan inovator yang efektif dalam pengambilan keputusan secara tepat, rasional dan professional untuk menyelesaikan beragam tantangan teknologi, sosial, ekonomi, lingkungan dan kebencanaan.
  3. Menjadi integrator dan inovator yang efektif dalam pengambilan keputusan secara tepat, rasional dan profesional untuk menyelesaikan beragam tantangan teknologi, sosial, ekonomi, lingkungan dan kebencanaan.

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Sipil dalam Kurikulum 2023 ini diselaraskan dengan komponen IABEE yang terdiri dari 10 CPL, yaitu:

  • CPL.A Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip matematika, ilmu pengetahuan alam dan material serta teknologi informasi untuk memahami prinsip-prinsip keteknikan.
  • CPL.B Kemampuan mendesain dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menerapkan nilai religius, humaniora dan lingkungan dengan mengacu pada peraturan (standard), kearifan lokal dan etika ilmiah dalam menghasilkan solusi, gagasan atau pemikiran kritis.
  • CPL.C Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta mampu mengolah dan menganalisis data untuk penilaian teknik.
  • CPL.D Kemampuan untuk menyelidiki, menganalisis, dan menginterpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa serta merumuskan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan rekayasa.
  • CPL.E Kemampuan menerapkan metode terbaru dan terampil dalam menggunakan teknologi terbaru yang diperlukan untuk praktek keteknikan.
  • CPL.F Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan.
  • CPL.G Kemampuan merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi tugas yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  • CPL.H Kemampuan bekerja dalam tim multi disiplin dan lintas budaya.
  • CPL.I Kemampuan memahami dan berkomitmen terhadap etika profesi dan bertanggung jawab terhadap masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
  • CPL.J Kemampuan untuk melakukan pengembangan diri melalui pembelajaran sepanjang hayat dan memiliki pengetahuan tentang isu-isu terkini.